Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Widget HTML #1

Tutorial Menulis Surat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae dengan Baik dan Benar


        Daftar Riwayat Hidup atau bisa disebut juga dengan Curriculum Vitae ini adalah salah satu berkas yang sangat penting untuk kalian melamar pekerjaan disuatu perusahaan.

Karna pada Daftar Riwayat Hidup ini berisikan tentang data diri kita yang sebenarnya sesuai yang ada pada diri kalian.

Namun tidak semua data diri kalian dituliskan pada CV ini, karna ada urutan yang harus kalian isi sesuai dengan ketentuan yang ada pada prosedur pengisian Daftar Riwayat Hidup (CV).
Untuk itu sebelum saya memberikan contoh penulisan dan penempatan data diri kita, sebaiknya kalian tahu dulu urutan dan penjelasannya.
Bagaimana cara membuat daftar riwayat hidup yang baik dan benar ? langsung saja saya bahas dibawah ini.



baca juga : cara menulis lamaran pekerjaan dengan benar.


URUTAN PENULISAN DAN PENEMPATAN DAFTAR RIWAYAT HIDUP YANG BAIK DAN BENAR


1. Identitas
Hal yang pertama kali ditulis adalah Identitas kalian,karna ini yang akan dilihat dahulu oleh perusahaan yang anda kirimkan nantinya.

Identitas yang kalian isi harus lengkap mulai dari Nama, Tempat tanggal lahir, Kewarganegaraan, Agama, Jenis Kelamin, Status,  Pendidikan Akhir.isilah sesuai KTP kalian.

Agar lebih mudah dihubungi pada saat pemanggilan, silahkan cantumkan No.Telepon/handpone dan Gmail bila kalian sudah memilikinya, jika belum silahkan buat terlebih dahulu Gmail nya karna tidak semua perusahaan menghubungi lewat telepon, bisa saja lewat Email.

2. Pendidikan 
Hal yang kedua kalian tulis yaitu Pendidikan.
Pada pendidikan ini ada 2 jenis pendidikan, yaitu Pendidikan Formal dan Pendidikan Informal.
Pendidikan Formal adalah Pendidikan yang umum dilakukan yaitu belajar di sekolah mulai dari Sd, Smp, Smk sederajat. adapun

Pendidikan Non-formal adalah pendidikan yang dilakukan diluar pendidikan Formal seperti pelatihan ataupun kursus yang ingin kita ahlikan.
namun pendidikan non-formal ini tidak wajib bagi kalian, jika kalian belum pernah mengikuti pendidikan non-formal sebelumnya sebaiknya tidak perlu ditulis pada Riwayat Hidup  kalian.

3. Pengalaman Kerja
Pengalaman kerja ini sangat penting bagi kalian, karna perusahaan akan melihat pengalaman apa saja yang telah kalian lakukan dan pada bagian apa saja yang kalian kerjakan sebelumya.

dan tuliskan sudah berapa lama kalian bekerja pada perusahaan tersebut. lebih banyak pengalaman kebih baik. karna itu membuktikan anda adalah seorang pekerja keras.

Namun jika kalian belum punya pengalaman kerja / Fresh Graduate kalian bisa isinya dengan pengalaman PKL kalian. yang penting terisi jangan sampai tidak.

4. Kemampuan
Kemampuan juga menjadi bahan pertimbangan bagi perusahaan. karna mereka akan melihat apa saja yang menjadi keahlian kalian.

silahkan isi keahlian kalian sesuai yang kalian punya seperti contoh : Ms.Word, Ms.Office, Ms.Excel. Jika ada sertakan juga sertifikat yang kalian miliki pada keahlian tersebut.

baca juga : tips&trik soal  psikotes warteg dijamin lulus

Sangat Penting :

*Kejujuran
Jujurlah dalam menulis sesuatu. jangan mencoba untuk bohong dengan memalsukan data yang kalian tulis pada Riwayat Hidup atau CV kalian baik dalam pendidikan non-formal, Pengalaman kerja ataupun Kemampuan yang sebenarnya kalian belum memiliki keahlian tersebut.

jangan malu jika kalian belum berpengalaman kerja. karena rejekik sudah ada yang ngatur. Percayalah bahwa anda memiliki kemampuan yang belum tentu semua orang memilikinya, hanya saja kalian belum menemukannnya.

*Bahasa, Tanda Baca, dan Ejaan pada Riwayat Hidp (CV)
Dalam menulis Riwayat Hidup kalian jangan sampai mengalami kesalahan yang meliputi Bahasa,Tanda Baca dan Ejaan.
Bacalah terlebih dahulu jika kalian sudah Menulis Riwayat Hidup tersebut, Jika ada salah penulisan silahkan ditulis ulang dan isi dengan baik dan benar.

*Mudah Dibaca dan Mudah Dipahami.
Pada saat menulis Riwayat Hidup jangan membuat perusahaan sulit untuk membacanya.
Usahakan tulisan Riwayat Hidup yang kalian buat tidak bertele-tele. Buat semudah mungkin agar mudah dibaca dan dipahami oleh perusahaan.

Jika kalian bingung cara membuat Daftar Riwayat Hidup, Berikut saya berikan contoh
Penulisan CV dengan baik dan benar.

DAFTAR RIWAYAT HIDUP



  • IDENTITAS


Nama         :
Tempat, tanggal lahir :
Kewarganegaraan :
Agama           :
Jenis Kelamin           :
Status         :
Pendidikan Akhir         :
Alamat         :
No.Telepon/HP :
Email         :



  • PENDIDIKAN FORMAL


1.SDN Bojong indah 5         2009-2010 Lulus,Berijazah
2.SMP PGRI Babelan         2012-2013 Lulus,Berijazah
3.SMK Teknik informasi 2015-2016 Lulus,Berijazah

  • PENDIDIKAN NON-FORMAL

*Tidak Ada (Jikan Kalian mempunyai pendidikan Non-Formal Silahkan Diisi)


  • PENGALAMAN KERJA

1.PT.Sejahtera langgeng 2016-2017


  • KEAHLIAN

1.Ms.Word
2.Ms.office
3.Ms.excel

Demikian Daftar Riwayat Hidup ini saya buat dengan sebenar- benarnya dan dapat saya pertanggung jawabkan.
Atas perhatiannya saya ucapkan terimakasih.

contoh penulisa daftar riwayat hidup yang baik dan benar
gambar 2.contoh penulisan daftar riwayat hidup


Diatas adalah salah satu contoh penulisa Daftar Riwayat Hidup yang pernah saya buat, dan alhamdulillah saya sering mendapatkan panggilan dan sudah bekerja di salah satu perusahaan ternama di kawasan industri.

Mungkin itu saja yang dapat saya bagikan kepad kalian semua mengenai bagaimana Menulis Riwayat Hidup dengan baik dan benar, apabila ada pertanyaan atau masukan silahkan kalian komentar dibawah ini, karna saran dan masukan dari kalian berarti sudah membantu saya untuk lebih semangat lagi update hal-hal bermanfaat lainnya.

baca juga : tips&trik mengerjakan soal krapelin dengan mudah

Posting Komentar untuk "Tutorial Menulis Surat Daftar Riwayat Hidup atau Curriculum Vitae dengan Baik dan Benar"